Berita Terbaru

  • Bazar Ramadhan Tahun 2013

    2013-08-20 14:47:24

    Dharma Wanita Persatuan (DWP) Poltekkes Kemenkes Semarang pada Rabu, 3 Juli 2013 menyelanggrakan Bazar Ramadhan tahun 2013 bertempat di halaman parkir Kampus I (Tembalang). Bazar Ramadhan merupakan agenda rutin DWP Poltekkes Semarang dan kegiatan ini adalah yang ke enam sejak pertama kali dilaksnakan pada tahun 2007. Ketua Dharwa Wanita Poltekkes Kemenkes Semarang (Fatimah Sugiyanto, SST) yang sekaligus sebagai Ketua Panitia Bazar 2013 menyampaikan bahwa tujuan diadakanya bazar ini adalah untuk meningkatkan solidaritas dan kepedulian baik untuk staf, karyawan dan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang maupun bagi warga sekitar Kampus I. Acara ini juga bertujuan untuk menyediakan kebutuhan sandang dan pangan untuk menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1434 H. Acara ini diawali dengan senam Taichi Lansia dari Kelompok Senam Lansia Kecamatan Banyumanik mulai pukul 07.30 - 08.30 dengan instruktur senam adalah drg. Lany Sunardjo, MDSC (Dosen Jurusan Keperawatan Gigi), dan dimeriahkan oleh grup rebana Sifa’ul Qulub dari dosen dan karyawan Poltekkes Semarang.

     

    Ketua Panitia melaporkan bahwa peserta Bazar tahun 2013 mengalami peningkatan yang cukup signifikan karena diikuti oleh 50 stand terdiri dari dari 14 stand Jurusan/prodi dan 36 stand dari peserta luar. Adapun jenis stand meliputi stand fashion (batik, busana muslim, busana modern dan perlengkapan ibadah lainya), Stand makanan siap saji (pepes, gudeng, gado-gado, aneka juice, mie instan dan ice cream) makanan ringan (cemilan) dan stand kerajinan kayu jati. Adapun stand makanan yang paling banyak dikunjungi adalah dari Jurusan Kesehatan Lingkungan-Purwokerto yang menyediakan mendoan sebagai makanan khas kota Banyumas. Selain itu juga terdapat stand dari Bank Tabungan Negara (BTN) selaku mitra Poltekkes Semarang dan sponsor kegiatan bersama bank jateng dan BNI. 

    Pada bazar tahun 2013 ini juga ada acara yang lain dari tahun sebelumnya yaitu lomba sajian menu buka puasa dengan bahan non beras dan non tepung terigu. Masing-masing Prodi berusaha menampilkan hasil karya mereka dalam bentuk puding dari ketela, kue lumpur ketela dll.

    Kegiatan ini sekaligus dirangkai dengan agenda Pengabdian Masyarakat dari Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Jurusan keperawatan mengadakan kegiatan pemeriksaan tekanan darah, Jurusan keperawatan gigi mengadakan screening kesehatan gigi, Jurusan Gizi dalam bentuk konseling Gizi, Konseling Kesehatan lingkungan oleh Jurusan kesehatan Lingkungan, Jurusan TRR mengadakan konseling kesehatan umum dan yang paling banyak diminati adalah pemeriksaan laboratorium berupa pemeriksaan gula darah Sewaktu (GDS), asam urat dan cholesterol yang dilakukan oleh Jurusan Analis Kesehatan.